Selasa, 12 Januari 2010

Petunjuk Keselamatan Kerja Penggunaan Perangkat TIK

Selasa, 12 Januari 2010

Samsung 2233SW 21.5-Inch Full HD Widescreen LCD MonitorSaat bekerja dengan mengggunakan perangkat TIK, terkadang orang lalai tentang petunjuk keselamatan kerja. Keselamatan kerja ini merupakan dambaan bagi para pekerja, tak ada seorang pun yang ingin celaka dalam bekerja. maka yang perlu diperhatikan dalam penggunaan peralatan tersebut yaitu :
Posisi Duduk
Pada Saat kerja posisi duduk tubuh perlu diperhatikan agar tidak cepat lelah. yaitu tidak terlalu merunduk ataupun menengadah, pandangan mata harus sejajar dengan monitor komputer. jangkauan tangan dengan keyboard dan mouse tidak terlalu menyulitkan, siku membentuk sudut 90 derajat, sehingga memudahkan dalam bekerja. Karena dengan posisi duduk yang benar dapat meningkatkan produktifitas dan efektifitas kerja serta kesehatan orang yang bersangkutan.


Jarak Pandang Dengan  Monitor
Jika monitor anda menggunakan monitor tabung (CRT) ada baiknya menggunakan kaca peredam (screen filter), karena jenis monitor tersebut mempunyai daya intensitas cahaya yang cukup tinggi yang bisa merusak retina mata. Dengan cara tersebut kelelahan mata dapat dihindari.


Memilih jenis monitor yang baik.
Alternatif lain yang dapat diambil adalah menggunakan monitor jenis TFT, LCD selain efek radiasi pancaran sinarnya rendah juga tidak menimbulkan kelelahan pada mata, serta daya listrik yang digunakannya pun relatif kecil idibandingkan dengan layar monitor jenis CRT.


Menghidupkan komputer dengan benar
Prosedur pemakaian komputer perlu diperhatikan, dari mulai pemasangan kabel-kabel komputer yang berhubungan dengan arus listrik, juga saat menggunakan peralatan-peralatannya.


Mungkin ini yang anda butuhkan :

0 komentar:

Posting Komentar

EasyHits4U.com - Your Free Traffic Exchange - 1:1 Exchange Ratio, 5-Tier Referral Program. FREE Advertising!
 
free counters

SMP MUHAMMADIYAH 4 BALEN is proudly powered by Blogger.com | Template by Blog Zone